strategi pengajaran


STRATEGI-STRATEGI PENGAJARAN: Memadukan Teknologi dan Media

            Dalam sebuah presentasi sebuah sumber menyajikan, mendramatisasi, atau menyebarkan informasi kepada pemelajar. Seorang guru yang menyajikan presentasi mungkin langsung menjawabnya atau diharuskan menjawab.
Keuntungan:
  1. Menyajikan (hanya) sekali
  2. Strategi mencatat
  3. Sumber informasi
  4. Presentasi siswa
Keterbatasan:
  1. Sulit bagi beberapa siswa
  2. Berpotensi membosankan
  3. Kesulitan mencatat
  4. Kesesuaian umur
Integrasi
            Walaupun tidak selalu diangap sebagai pendekatan pengajaran paling sesuai untuk digunakan, presentasi bisa digunakan dalam cara-cara yang efektif.
Demonstrasi
            Dalam sebuah demonstrasi, para pemelajar melihat contoh nyata atau aktual dari sebuah keterampilan atau prosedur untuk dipelajari. Demonstrasi mungkin direkam dan diputar ulang melauli sarana media seperti video.
Keuntungan:
  1. Melihat sebelum melakukan
  2. Panduan tugas
  3. Penghematan suplai
  4. Keamanan
Keterbatasan:
  1. Tidak langsung dikerjakan
  2. Pandangan yang terbatas
  3. Masalah mengikuti
Integrasi
            Sebagai seorang guru anda bisa menggunakan teknologi dan media untuk membantu anda dengan demontrasi didalam ruang kelas. Anda bisa menyajikan video demonstrasi di depan kelas, memperlihatkannya kepada seluruh kelas dan membahas bersama mereka tentang apa yang mereka lihat.
Latihan dan Praktik
Dalam latihan dan praktik, para pemelajar dibimbing melewati serangkaian latihan praktis yang dirancang untuk menyegarkan kembali atau meningkatkan pengetauan konten spesifik atau sebuah keterampilan baru. Agar efektif, latihan dan praktik harus menyertakan umpan balik untuk memperkuat respons yang benar dan memperbaiki kesalahan yang mungkin dibuat para pemelajar di sepanjang penerapannya. Tujuan dari latihan dan praktik adalah bahwa para siswa akan menguasai atau mempelajari informasi tanpa kesalahan.
Keuntungan:
  1. Umpan balik untuk memperbaiki
  2. Memisah-misah informasi
  3. Praktik yang telah terbentuk
Keterbatasan:
  1. Refentatif
  2. Berpotensi membosankan
  3. Potensi belajar
Integrasi
            Latihan dan praktik umum digunakan untuk tugas-tugas seperti belajar matematika, belajar bahasa asing dan mengembangkan kosakata, biasanya bagus diterapkan untuk metode latihan dan praktik ini.
Tutorial
            Dalam tutorial, seorang tutor –dalam bentuk seorang manusia, piranti lunak komputer atau materi cetakan khusus-menyajikan konten, mengajukan  pertanyaan atau persoalan , meminta respon paar pemelajar, menganalasis respon tersebut, memberikan umpan balik yang tepat dan  menyediakan praktik hingga  para pemelajar menunjukkan level dasar kompetensi.
Keuntungan:
  1. Belajar mandiri
  2. Menukar sendiri kemajuan
  3. Individualisasi
Keterbatasan:
  1. Berpotensi membosankan
  2. Berpotensi membuat frustasi
  3. Berpotensi kekurangan panduan
Integrasi
            Anda mungkin saja, mempertimbangkan menggunakan teknologi dan media sebagai cara menyampaikan tutorial. Banyak program piranti lunak computer dirancang untuk menyampaikan pengajaran kepada siswa. Sebagai misal sistem belajar terpadu (ILS)  merupakam bentuk pengajaran yang ditawarkan di komputer.
Diskusi
            Diskusi adalah pertukaran gagasan dan opini di antara siswa tau guru. Strategi ini bisa digunakan dalam tahap pengajaran dan pembelajaran. Diskusi merupakan cara yang bermanfaat dalam menakar pengetahuan, keterampilan dan sikap dari kelompok siswa sebelum mengakhiri tujuan pengajaran.
Keuntungan:
  1. Menarik
  2. Menantang
  3. Inkklusif
  4. Kesempatan bagi gagasan baru
Keterbatasan:
  1. Berpotensi melibatkan partisipasi terbatas
  2. Terkadang tidak menantang
  3. Tingkat kesulitan
  4. Kesesuaian usia
Integrasi
            Diskusi bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah topic baru. Beberapa bentuk media lebih kondusif bagi diskusi ketimbang bentuk media lainnya.
Belajar Kooperatif
            Merupakan strategi pengelompokkaan dimana para siswa bekerja sama untuk saling mnedapat keuntungan dari potensi belajar anggota lainnya.
Keuntungan:
  1. Manfaat belajar
  2. Formal atau informal
  3. Kesempatan belajar
  4. Area konten
Keterbatasan:
  1. Keterbatasan ukuran
  2. Berpotensi berlebihan-digunakan
  3. Keterbatasan anggota kelompok
Permainan
            Permainan memberikan lingkungan kompetitif yang didalamnya pemelajar mengikuti aturan yang telah ditetapkan saat mereka berusaha mencapai tujuan pendidikan yang menantang.
Keuntungan:
  1. Keterlibatn
  2. Sesuai dengan hasil
  3. Beragam suasana
  4. Mendapatkan perhatian
Keterbatasan:
  1. Pertimbangan persaingan
  2. Tingkat kesulitan
  3. Mahal
  4. Niat yang salah arah
Simulasi
            Simulasi melibatkan para pemelajar menghadapi situasi kehidupan nyata dalam versi diperkecil. Simulasi memungkinkan praktik realistik tanpa harus mengeluarkan biaya dan resiko.
Keuntungan:
  1. Keamanan
  2. Reka ulang sejarah
  3. Langsung dilaksanakan
  4. Berbagai tingkat kemampuan
Keterbatasan:
  1. Perpresentasi diragukan
  2. Kompleksitas
  3. Suasana yang baru mungkin sulit
  4. Keharusan menanya ulang
Integrasi
            Dalam beberapa simulasi, parasiswa merekayasa model matematis untuk menentukan pengaruh pengubahan variabel tertentu, seperti pengendalian kecepaatan pemain ski dengan tingkat kemiringan.
Penemuan
            Strategi penemuan (discovery) menggunakan pendekatan induktif atau penyelidikan untuk belajar, strategi ini mennyajikan masalah untuk diselesaikan melalui percobaan dan kesalahan (trial and eror).
Keuntungan:
  1. Keterlibatan
  2. Langkah-langkah yang berulang
  3. Kendali siswa atas pembelajaran
Keterbatasan:
  1. Factor waktu
  2. Penyiapan itu penting
  3. Salah paham
Integrasi
            Belajar penemuan dapat menjadi sarana membantu para siswa untuk mendapatkan informasi yang ingin mereka ketahui mengenai topic atau minat tertentu.
Penyelesaian Masalah
            Melibatkan penempatan para siswa dalam peran aktif berhadapan dengan masalah baru yang ditemukan dalam kehidupan nyata.
Keuntungan:
  1. Keterlibatan
  2. Konteks untuk belajar
  3. Tingkat kerumitan
  4. Sulit untuk diciptakan
  5. Kesesuaian usia
  6. Makan waktu
  7. Membutuhkan menayangkan ulang
Integrasi
            Webquest merupakan jenis masalah terstruktur untuk diselesaikan oleh siswa dengan menggunakan internet sebagai salah satu sumber daya untuk mengumpulkan informasi .
Strategi yang berpusat pada guru: Guru merupakan fokusnya, yang bertindak mengarahkan belajar melalui cara-cara yang mengandung tujuan.
Strategi yang berpusat pada siswa: Siswa merupakan fokusnya, yang memimpin dan mengarahkan situasi belajar
Menciptakan pengalaman
  1. Perspektif behavioris
  2. Persfektif kognitivis
  3. Persfektif konstructivis
  4. Persfektif psikologi social
Situasi dan konteks belajar
  1. Pengajaran tatap muka dikelas
  2. Belajar jarak jauh
  3. Campuran
  4. Belajar mandiri berstruktur
  5. Belajar informal tidak berstruktur.

0 komentar:

Posting Komentar

 
EMILIA'S BLOG Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting